Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang berhasil meraih prestasi membanggakan di tahun 2022 ini. Berdasakan data yang dirilis EduRank, Unissula merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan peringkat terbaik di Semarang. Adapun seacara nasional Unissula menempati peringkat ke 71.

Mengutip laman resmi kampus, Unissula didirikan oleh Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) pada tanggal 16 Dzulhijjah 1381 H bertepatan dengan tanggal 20 Mei 1962 M.  Nama Sultan Agung diambil dari nama Sultan Agung. Ia merupakan salah satu pahlawan nasional yang sangat berjasa bagi bangsa Indonesia.

Sultan Agung mempunyai nama lengkap Adi Prabu Hanyokrokusumo yang lahir di Kotagede, Kesultanan Mataram pada tahun 1593. Sultan Agung merupakan Sultan ketiga Kesultanan Mataram yang memerintah pada tahun 1613-1645. Di bawah kepemimpinannya, Kesultanan Mataram berkembang menjadi kerajaan terbesar di Jawa dan Nusantara pada masanya.

Rektor Unissula, Prof Dr Gunarto SH MH menyatakan Unissula merupakan kampus berbasis Islam terbaik di Indonesia dalam membangun generasi khaira ummah (umat terbaik). Hal itu dilakukan dengan dua hal yang pertama menggunakan strategi pendidikan yang berbudaya akademik islami (Budai) dalam semua proses pendidikannya. Sehingga proses belajar mengajar di Unissula menggabungkan antara science dan nilai nilai Islam.

Yang kedua menjadikan Unissula sebagai kampus birrul walidain (berbakti kepada kedua orang tua). Civitas akademika Unissula didorong untuk menjadi pribadi pribadi yang lebih peduli dan menyayangi kedua orang tuanya. Guna membiasakan hal tersebut para mahasiswa baru Unissula mulai tahun ajaran 2022-2023 dididik secara khusus dalam pesantren mahasiswa selama dua bulan.

Dalam rangka mempertajam kerjasama internasional selama tahun 2022 ini Unissula menjalin MoU dengan universitas universitas terbaik di luar negeri serta mengimplementasikannya dalam berbagai program strategis. Kerjasama yang dijalin yakni dengan Harvard College, United State of America, dengan Global University Lebanon, dengan University College TATI Malaysia, dengan Kanagawa Institute of Technology Jepang dan dengan Kyungdong University Korea Selatan.

Unissula masuk kategori universitas terbaik di Semarang versi EduRank tahun 2022. Secara keseluruhan dari universitas negeri dan swasta Unissula menempati peringkat ke tiga. Bersanding dengan Undip di peringkat pertama dan Unnes di peringkat kedua. Adapun jika dinilai hanya dari peringkat universitas swasta maka Unissula menempati urutan pertama di Semarang.

berikut hasil ranking pada tahun 2022 :

  1. Universitas Diponegoro
  2. Universitas Negeri Semarang
  3. Universitas Islam Sultan Agung (Unissula)
  4. Universitas Dian Nuswantoro
  5. Universitas Katholik Soegijapranata
  6. Universitas PGRI Semarang
  7. Universitas Semarang
  8. Universitas Islam Negeri Walisongo
  9. Universitas Muhammadiyah Semarang
  10. Universitas Wahid Hasyim
  11. Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  12. Universitas Stikubank
  13. Universitas Pandananaran
  14. Universitas AKI

Wakil Rektor I Unissula, Andre Sugiyono ST MM PhD menyebut ada tiga kriteria yang dipakai oleh Edurank dalam pemeringkatan tersebut. “Kriterianya ada tiga 45% research performansi, 45% non academic prominance,  dan 10% alumni score,” ungkapnya (24/9).