Jadwal Sholat

Manfaat Okra

masak okra
Sayur okra atau kebanyakan warga negara Indonesia menyebutnya dengan Bamia atau lady fingers adalah salah satu jenis sayuran hijau yang sangat banyak dinikmati oleh warga negara Indonesia. Sayuran ini merupakan jenis sayuran yang cocok dengan iklim tropis hangat seperti Indonesia. Manfaat okra untuk kesehatan pun juga sangat banyak. Sayuran ini juga merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat mudah sekali untuk dikembangbiakkan di Indonesia. Layaknya sayur bayam yang begitu mudah dan juga memiliki manfaat bayam untuk kesehatan yang banyak. Sayuran ini awal mulanya berasal dari negara Afrika, walaupun asalnya dari Afrika namun sayuran ini sangat terkenal di seantero dunia.
Selain mudah dikembangbiakkan sayuran ini juga sangat kaya akan manfaat dan juga mengandung banyak nutrisi yang sangat bagus untuk kesehatan manusia.
berikut ini adalah beberapa manfaat sayuran okra untuk kesehatan manusia diantaranya adalah:

1. Manfaat Okra Untuk Membantu Menurunkan Berat Badan
Okra atau Bamia adalah sayuran yang sangat rendah kalori. Dalam 100 miligram okra hanya terkandung 30 kalori. Selain rendah kalori sayuran ini juga tidak mengandung lemak tak jenuh dan juga tidak mengandung kolesterol. Dengan rendahnya kalori maka tak salah jika Anda menggunakan sayuran ini sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan yang selama ini mengganggu Anda.

2. Manfaat Okra Untuk Mengurangi Resiko Penyakit Sembelit
Okra merupakan salah satu jenis sayuran polong dan juga banyak mengandung zat lendir yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Zat lendir yang ada di dalam sayur okra berguna untuk membantu peristaltik kelancaran makanan yang ada di dalam usus.

3. Manfaat Okra Melindungi Paru-Paru
Salah satu kandungan yang ada di dalam sayur okra adalah flavanoid. Flavanoid sangat dibutuhkan oleh tubuh karena mangandung banyak anti oksidan yang akan melindungi tubuh dari berbagai macam radikal bebas yang senantiasa mengancam kesehatan manusia.

4. Manfaat Okra Menjaga Kesehatan Mata
Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami masalah dengan penglihatan maka tak ada salahnya jika Anda mengkonsumsi sayur okra. Karena dalam sayur okra terkandung vitamin A yang sangat bagus sebagai nutrisi untuk mata. Selain itu vitamin A yang ada dalam sayur okra juga sangat bagus untuk kesehatan kulit.

5. Manfaat Okra Untuk Mengurangi Resiko Cacat Pada Janin
Mungkin ada salah satu diantara saudara Anda yang hamil, maka tak salah jika Anda menganjurkan untuk mengkonsumsi sayur okra sebagai salah satu sayuran yang di konsumsi. Karena sayur okra mengandung banyak asam folat yang sangat dibutuhkan oleh janin. Dengan asam folat yang tinggi maka resiko kerusakan janin pada bayi sangat mudah untuk dihindari.

6. Manfaat Okra Untuk Menjaga Imunitas Tubuh
Kandungan lain yang ada di dalam sayur okra yang tak kalah hebatnya dengan nutrisi lainnya adalah Vitamin C. Vitamin C yang ada dalam sayur okra hampir mirip dengan apa yang ada di dalam sebuah jeruk yang berguna untuk menguatkan seluruh jaringan yang ada di dalam tubuh.

7. Manfaat Okra Untuk Sumber Zat Besi
Sekitar 80-90 persen tubuh kita adalah air dan juga darah. Kebutuhan manusia akan darah merwah tidak bisa dipungkiri sama sekali. Sayur okra merupakan salah satu sayur yang kaya akan zat besi. Zat besi yang ada di dalam sayur okra berfungsi mengatur molekul hemoglobin yang ada di dalam sel darah merah. Selain melancarkan sel darah merah yang ada di dalam seluruh tubuh zat besi juga berfungsi sebagai pengatur metabolisme energi serta sebagai salah satu penguat sistem imun yang ada di dalam tubuh manusia.

8. Manfaat Okra Untuk Memperkuat Tulang dan Gigi
Kandungan lain yang ada di dalam sayur okra adalah Vitamin K. vitamin K yang ada di dalam sayur okra berfungsi sebagai salah satu penguat dari tulang dan menghindarkan tulang dari keropos, selain untuk kesehatan tulang Vitamin K yang ada di dalam sayur okra juga berfungsi penghasil kalsium yang berguna untuk kesehatan tulang dan gigi.

9. Manfaat okra Untuk Menjaga Keseimbangan Tubuh
Kandungan lain yang ada di dalam sayur okra adalah vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks merupakan salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena kerjanya yang saling berkaitan antara satu dengan yang lain. Jika vitamin B kompleks tidak terpenuhi dengan baik maka akan ada ketimpangan dalam sistem di dalam tubuh, baik sistem saraf, sistem pencernaan dan beberapa sistem lain yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia.

10. Manfaat okra Untuk Menurunkan Kolesterol
Kolesterol merupakan penyakit yang sangat mematikan, dan hampir segala penyakit bersumber dari tinginnya kolesterol yang ada di dalam tubuh itu sendiri. Nah untuk mengatasi kolesterol yang ada di dalam tubuh tersebut sayur okra bisa menjadi alternatif pilihan untuk menguranginya. Sebuah studi yang pernah diterbitkan dalam The Journal of Federation of American Societies for Experimental Biology, menyebutkan bahwa ekstrak dari sayur okra ini mampu mengurangi kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh manusia secara perlahan-lahan.

(http://www.infomedika.info/2016/10/manfaat-okra-untuk-kesehatan-yang-perlu.html, 14 Nopember 2016)

Share :

Tags :

LEAVE A REPLY

Latest Post

Categories

YBWSA

Gedung Kantor YBWSA