BISmillah, Berkhidmat Untuk Kesejahteraan Umat

Cara Mendapat Keberkahan Ilmu

Keberkahan ilmu hanya akan bisa kita dapatkan dengan Khidmah kita kepada guru kita dan kemanfaatan daripada ilmu akan kita bisa dapatkan dengan ridhonya guru kita. Kita sebagai orang yang sedang mencari ilmu kita tentu ingin mendapatkan ilmu dan ketika pulang ke rumah kita memiliki keilmuan sesuai dengan ekspektasi atau paling tidak kita melaksanakan perintah suci dari Allah maka kalau orang ingin berilmu harus berkenan untuk mengulang-ulang atau membaca apa yang diberikan kepadanya. Maka sungguh tidak ada orang yang terlahir dengan punya ilmu. Orang kalau ingin punya ilmu harus belajar dengan sungguh-sungguh dan kita pun ketika belajar jangan sampai lupa bahwa belajar kita dimulai bismirabbik dengan menyebut nama Allah karena untuk keberkahannya kita tentu ingin mendapatkan ilmu.

Orang kalau ingin mendapatkan keberkahan ilmu karena tidak semua orang yang telah memiliki ilmu kemudian barokah ilmunya yang boleh jadi IMP ya tinggi luar biasa tetapi ketika pulang ke rumah kampung halaman bingung ke sana kemari karena boleh jadi tidak berkah ilmunya. Maka keberkahan ilmu kata Abu Syeik Muhammad; keberkahan ilmu akan didapatkan dengan khidmah kita kepada guru kepada dosen kita. Maka kita harus senantiasa kemudian mencoba memberikan yang terbaik di dalam kegiatan-kegiatan kita. Khidmah kita kepada guru kita yang boleh jadi sudah tiada kita kirimkan Barokah Fatihah setiap ba’da sholat maktubah bagi guru kita yang boleh jadi masih ada kita doakan mudah-mudahan beliau diberikan umur usia panjang dan barokah maka hikmahnya seseorang terhadap gurunya akan menentukan keberkahan ilmu yang dia miliki. Kita pun sudah diingatkan oleh Imam Az-Zaduji bahwa di dalam ta’limul muta’alim ketika ditulis Itu di awal-awal pembukaannya belum menyampaikan banyak orang-orang di dalam zaman kami yang dulu mereka semuanya thabul Ilmi tetapi mereka tidak mendapatkan keberkahan ilmu. Dan ketika kita ingin mendapatkan kemanfaatan ilmu, akan kita dapatkan dengan ridhonya guru kita. Maka carilah ridho guru. Insyaallah Allah akan berikan dan curahkan keilmuan yang barokah kepada diri kita sekalipun mungkin kita belum paham tapi kalau kemudian kita berkhidmah dan mencari ridhonya guru maka Insyaallah satu saat kita akan diberikan pemahaman ilmu yang barokah manfaat. Mudah-mudahan kita semuanya mendapatkan keberkahan ilmu dengan mencari ridho guru dan berkhidmah kepadanya.

Pemateri : Moh Farhan Husain, S.Pd.I., S.Hum., M.Pd.I.

Source: https://youtu.be/YnJfz7_mFaI

Share :

Tags :

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Post

Categories

YBWSA

Gedung Kantor YBWSA

Masuk

Daftar

Setel Ulang Kata Sandi

Silakan masukkan nama pengguna atau alamat email, anda akan menerima tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.