Semarang, rsisultanagung.co.id – Ratusan siswa dari SMK Kesehatan Donohudan Boyolali dan SMK Kesehatan Darussalam Semarang melaksanakan kunjungan industri ke RSI Sultan Agung Semarang pada hari Senin (3/10/2022).

Bertempat di ruang auditorium RSI Sultan Agung Semarang, kegiatan kunjungan dimulai dengan menyaksikan video company profile dari RSI Sultan Agung Semarang.

Mewakili Direktur Pendidikan RSI Sultan Agung Semarang, Kepala Bagian Humas dan Media, M Chanif Miftahuddin, S.Sos.I memberikan sambutan hangat kepada seluruh siswa.

Saat memberikan sambutannya, M Chanif memberikan motivasi kepada seluruh siswa supaya dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

“Kami butuh temen-temen ini untuk nanti kita tunggu lagi barang kali enam tahun lagi ya selesai kuliah? Kembali lagi ke RSI Sultan Agung untuk mengabdi bersama kami,” terangnya.

Adapun Ahmad Aris Kurniawan, S.Pd selaku kepala sekolah SMK Kesehatan Donohudan Boyolali turut serta memberikan sambutan. Dirinya berpesan supaya semua peserta didik yang mengikuti kegiatan ini dapat termotivasi setelah lulus bisa meneruskan pendidikan meski harus sambil bekerja.

“Harapan kami setelah lulus kuliah bisa masuk kesini sebagai tenaga ahli dan sebagainya,” kata Ahmad Aris.

Sambutan dilanjutkan oleh Muhaimin, S.Ag., M.Pd sebagai kepala sekolah SMK Kesehatan Darussalam yang memberikan apresiasi penuh kepada RSI Sultan Agung Semarang yang telah menerapkan prinsip syariah di dalam pelayanannya.

“Kita belajar norma-norma kesehatan di rumah sakit ini prinsipnya sudah syariah. Maka prinsip syariah ini yang akan kita pelajari,” ungkap Muhaimin.

Kegiatan dilanjutkan dengan Ns, Sri Hartini, S.Kep yang menyampaikan materi tentang bidang keperawatan salah satunya mengenai figure sebagai petugas kesehatan.

“Temen-temen kalau sudah bekerja tidak hanya punya kewajiban di rumah sakit, di masyarakat, temen-temen menjadi role model, contoh teladan kesehatan yang baik menggerakkan masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan dan memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan kewenangannya,” kata Sri Hartini.

Selanjutnya penyampaian materi laboratorium klinik oleh Trivita Widiyani, A.Md.AK. Trivita menjelaskan beberapa tujuan dilakukannya pemeriksaan laboratorium.

Tedapat lima tujuan pemeriksaan laboratorium, diantaranya adalah untuk skrining, diagnosis, pemantauan progresifitas penyakit, monitor pengobatan dan prognosis penyakit.

Seluruh peserta kegiatan lantas mendaptakan materi terakhir dari Apt. Erdina Pratiwi, S.Farm tentang kefarmasian.

Dalam penyimpanan perbekalan farmasi di RSI Sultan Agung, Erdina menjelaskan terdapat beberapa kategori penyimpanan obat, salah satunya penyimpanan obat narkotika dan atau psikotropika.

“Untuk penyimpanan obat psikotropika, Ini harus dengan kotak hitam,” terang Erdina.

Kegiatan kunjungan ditutup dengan sesi diskusi lalu seluruh peserta diajak untuk foto bersama dan berkunjung ke unit-unit pelayanan serta fasilitas unggulan RSI Sultan Agung Semarang.