Semarang, rsisultanagung.co.id – Sebanyak 124 siswa dan 9 guru pendamping SMK Bhakti Kencana Ciawi mengadakan kunjungan industri ke RSI Sultan Agung Semarang.

Kegiatan kunjungan yang bertempat di ruang Auditorium RSI Sultan Agung Semarang tersebut disambut hangat oleh Direktur Pendidikan RSI Sultan Agung Semarang, dr. Mohamad Arif, Sp.PD.

Usai menyapa seluruh peserta, dr. Mohamad Arif, Sp.PD menyinggung perihal digitalisasi di dalam dunia kesehatan.

“SMK Bhakti Kencana Ciawi ini ada jurusan IT nya juga ya? IT saat ini juga merupakan salah satu bidang yang paling bergengsi,” terang dr. Mohamad Arif pada hari Selasa (4/10/2022).

dr. Mohamad Arif lantas membicarakan bagaimana kehebatan digitalisasi di dunia kesehatan seperti penggunaan aplikasi pedulilindungi dan berbagai website resmi yang mengulas seputar dunia kesehatan.

Sama halnya dengan pelayanan di rumah sakit, adanya digitalisasi ini sangat membantu dalam melayani data administrasi pasien yang bisa mencapai ratusan orang setiap harinya.

Serta turut hadir pula kepala sekolah SMK Bhakti Kencana Ciawi, Iis Siti Mutmainah, S.Pd., Gr dalam memberikan sambutan.

“Insyaallah mudah-mudahan harapan kami yang berangkat dari ciawi ini kami bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya,” terang Lis Siti Mutmainah.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi instalasi farmasi di RSI Sultan Agung Semarang oleh Apt. Yana Sagita, S.Farm.

Wanita yang akrab di sapa Yana ini menjelaskan tentang sistem pendistribusian obat kepada pasien.

Dimana resep yang telah dibuat oleh dokter satu hari sebelumnya di interpretasi oleh unit farmasi untuk kemudian diberikan kepada pasien guna menghindari keterlambatan obat.

“Lalu dibangsal keperawatan melakukan double cek lagi antara farmasi dan perawat untuk pemberian obat dalam waktu satu hari itu,” kata Yana.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Ns. Sri Hartini, S.Kep yang menjelaskan tentang bidang keperwatan. Salah satunya adalah mengenai keperawatan di unit khusus seperti ruang HD (Hemodialisa) atau ruang cuci darah.

“Peran perawat di pasien gagal ginjal ini adalah luar biasa, harus biasa memberikan support spriritual dan support psikologi,” terang wanita yang akrab di sapa Titin ini.

Materi ketiga disampaikan oleh dr. Adli Ilham dan Joko Nugroho, S.Kom tentang instalasi IT di RSI Sultan Agung Semarang.

dr. Adli menyampaikan bahwa terdapat dua pelayanan sistem informasi penunjang di bidang IT, diantaranya ada di bidang front office dan back office.

Front office kami membantu pelayanan di poli, rawat inap, administrasi dan lain sebagainya,” ujar dr. Adli.

Sedangkan untuk pelayanan sistem informasi di back office berkaitan dengan sistem menejerial, pelaporan dan keuangan.

Kegiatan kunjungan diakhiri dengan berkeliling mengunjungi uni-unit pelayanan dan fasilitas unggulan yang ada di RSI Sultan Agung Semarang.