Anggota Komisi X DPR RI Dr A Mujib Rohmat MH mengadakan silaturahmi ke Unissula (13/10). Ia disambut langsung oleh Rektor Prof Dr Gunarto SH MH di gedung Rektorat. Dalam kesempatan itu politikus Partai Golkar tersebut juga berdialog dengan 40 mahasiswa baru Unissula penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK).

Ia juga menyerahkan akun KIPK secara simbolis kepada mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Kendal, Kabupaten Semarang, Kota Semarang dan Kota Salatiga. Pada kesempatan tersebut ia meminta komitmen para mahasiswa penerima beasiswa untuk sungguh sungguh dalam kuliah karena telah mendapat pembiayaan dari negara.

“Pertama tama saya ingin memberikan ucapan selamat karena saudara terpilih menerima beasiswa KIPK. Saya harap beasiswa ini memberi motivasi lebih untuk sukses dalam perkuliahan. Dan kedepannya saudara mampu memberikan feedback positif kepada bangsa dan negara,” ujar alumni Pesantren Lirboyo tersebut.

Ia juga menekankan pentingnya para mahasiswa mampu mengatur waktu dengan bijak sehingga tidak ada alasan tidak lulus tepat waktu. “Secara umur saya sudah tua tapi saya punya komitmen untuk lulus doktoral ketika kuliah di Program Doktor Ilmu Hukum Unissula beberapa tahun lalu sehingga sesibuk apapun saya sempatkan untuk juga fokus pada kuliah. Hasilnya tidak mengecewakan saya lulus doktor dengan predikat cumlaude. Jadi saya pikir tidak ada alasan sibuk, apalagi bagi saudara yang masih muda dan belum dibebani urusan pekerjaan,” ungkapnya.

Tips yang selalu ia pegang adalah man jadda wa jadda, barang siapa bersungguh sungguh maka akan meraih kesuksesan. “Banyak orang yang sukses bukan karena jenius tapi karena rajin dan konsisten dangan cita citanya. Sehingga ia berkomitmen sungguh sungguh terhadap tugasnya. Bersungguh sungguh dalam doanya dan berprasangka baik kepada Allah SWT,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menceritakan pengalamannya kuliah dan selalu mendapat beasiswa. “Saya dulu kuliah selalu dapat beasiswa dan dalam masa perkuliahan tersebut berhasil hafal Al Qur’an 30 juz,” pungkasnya.

Sementara itu Rektor Gunarto menyebut A Mujib Rohmat sebagai alumni yang berprestasi. “Terimakasih telah mempercayakan pilihannya untuk kuliah doktor di Unissula. Bukan hanya beliau yang kuliah di Unissula tetapi anak beliau juga kuliah di Magister Biomedik Unissula,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menceritakan pengalaman akademik para mahasiswa Unissula penerima beasiswa KIPK di Unissula. “Di Unissula ada komunitas mahasiswa KIPK dan Bidikmisi yang siap memberikan konsultasi pada mereka yang menerima beasiswa tersebut. Alhamdulillah progresnya bagus karena berdasarkan data para penerima beasiswa KIPK dan Bidikmisi bisa lulus tepat waktu delapan semester bahkan ada yang bisa lulus lebih cepat dari itu,” pungkas Gunarto.