Unissula menyelenggarakan kajian tematik dengan tema persamaan dan perbedaan laki-laki dan perempuan menurut Al Qur’an di masjid kampus Unissula (19/7).  KH Abdul Qoyyum Mansur yang hadir sebagai narasumber memaparkan yang menjadi perbedaan laki-laki dan perempuan menurut Qur’an adalah ketakwaan, dan kualitas imannya. “Laki-laki dan perempuan itu tidak dilihat dari status biologisnya. Tapi dilihat dari ketakwaan, dan kualitas iman yang baik,” paparnya.

Sedangkan persamaan keduanya terletak dalam hal pekerjaan. “Keduanya sama-sama memiliki hak dalam bekerja. Cuma pekerjaan tersebut harus sesuai dengan kodrat dan marwahnya. Jangan dengan alasan gerakan feminis perempuan dipaksa bekerja dengan yang tidak sesuai dengan kodrat dan marwahnya,” lanjutnya.

Selain itu dirinya juga menyebutkan ada empat aspek penting lainnya yang dibicarakan dalam Qur’an. Yaitu aspek biologis, aspek psikologis, aspek etika dan ideologi, serta aspek sosial dan politik.

Sementara itu Wakil Rektor III Unissula M Qomaruddin ST MSi PhD dalam sambutannya menyampaikan bahwa perbedaan fisik yang dimiliki oleh laki-laki dan perempuan menimbulkan konsekuensi yang berbeda. “Sehingga penting kiranya mengikuti paparan yang disampaikan oleh Ustadz Qoyyum,” ungkapnya.