Dua tim robotik Fakultas Teknologi Industri (FTI)  Unissula, siap berlaga di Kontes Robot Indonseia (KRI) tingkat Nasional yang akan berlangsung 29 Juni 2022 sampai 3 Juli 2022 nanti di ITS.

Dua tim robotik tersebut, setelah sebelumnya lolos di ajang KRI Wilayah I yang berlangsung baru-baru ini.Dua tim robotik tersebut menurut Dekan FTI  Unissula Dr Ir Novi Mariyana ST MT IPU ASEAN Eng, adalah Tim Latansa yang berlaga dalam Divisi Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI) dan berhasil menyabet juara 4 (harapan 1) dan Tim Abhipraya yang maju dalam divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) yang mendapatkan undangan untuk berlaga di tingkat nasional.

Untuk Divisi KRAI di tingkat nasional nantinya akan diikuti 24 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se Indonesia. Sedangkan yang KRSTI akan diikuti 15-an PTN dan PTS.

”Tim robotik FTI saat ini tengah mempersiapkan diri untuk maju ke KRI Tingkat Nasional, dan berharap akan menjadi juara. Persiapan kita sudah mengoptimalkan tim dan robot dan siap bertanding dengan memperbaiki strategi untuk bisa tampil semaksimal mungkin. Termasuk persiapan mekanik yang lebih bagus,” jelasnya.Menurutnya, sejak tahun 2006, FTI  Unissula memiliki tim robotik sebagai wadah ajang kreativitas mahasiswa yang selalu mengikuti ajang KRI dan sering mendapatkan juara.

”Bahkan di tahun 2016, kami mengirimkan empat tim untuk berlaga dalam ajang kontes robot Internasional di Amerika Serikat dan mendapatkan juara,” jelasnya.

Adapun tim Tim Latansa berganggotakan Firman Yuris Setiyadi, Muhamad Iqbal Firmansyah, Muhamad Riyan Fathurohman, Muhammad Ilham Badri Atmaja, Muhammad Rifky Aulia, dan Mukhamad Nurul Aziz dengan dosen pembimbing Bustanul Arifin ST MT. Sedangkan Tim Abhipraya beranggotakan Nikmatul Azizah, Rian Pambudi, dan Sulis Diantoro dengan dosen pembimbing Eka Nuryanto Budidusila ST MT, dengan Ketua Tim Robotik FTI Unissula, Muhammad Singgih Raharjo dan Samsul Wahab.