Semarang, rsisultanagung.co.id – Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, Panitia Kegiatan Ramadhan 1443H RSI Sultan Agung Semarang menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Cahaya Masjid” bertempat di Masjid Hamidun Kosim RSI Sultan Agung Semarang, pada Sabtu (9/4). Kegiatan ini merupakan kegiatan social pemberian bantuan kepada 26 masjid di wilayah Kecamatan Genuk Kota Semarang diwakili oleh imam, muadzin, dan marbot masjid.

Turut hadir dan memberikan sambutan, Direktur Utama RSI Sultan Agung Semarang, dr. H. Masyhudi AM, M.Kes, beserta Jajaran Direksi, Pelaksana Harian (Plh.) Camat Genuk, Drs.Suroto dan seluruh panitia kegiatan Ramadhan.

Dalam sambutannya, dokter Masyhudi mengatakan kebahagiannya dalam menyambut para pengurus masjid di wilayah KecamatanGenuk di RSI Sultan Agung, karena menurutnya para imam, muadzin dan marbot adalah orang-orang yang mulia dan kehadirannya insyaallah membawa keberkahan bagi RSI Sultan Agung.

“Kegiatan ini adalah bentuk kepedulian dan penghargaan dari RSI Sultan Agung kepada para pengurus masjid, terlebih lagi di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah.” Ujarnya.

Selain itu dokter Masyhudi juga memperkenalkan beberapa layanan unggulan di RSI Sultan Agung Semarang dan berharap layanan Kesehatan di RSI Sultan Agung Semarang dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat khususnya di wilayah Genuk Semarang.

Plh. Camat Genuk, Drs.Suroto, yang turut hadir juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada RSI Sultan Agung atas perhatian yang diberikan kepada para pengurus masjid, dan penghargaan yang sebesar-besarnya karena RSI Sultan Agung yang telah menjadi fasilitas pelayanan Kesehatan bagi masyarakat di wilayahnya terlebih lagi di masa pandemi.

“Terima kasih atas segala upaya yang telah dilakukan  RSI Sultan Agung baik untuk kegiatan social maupun kegiatan-kegiatan lain, dan alhamdulillah saat ini Kecamatan Genuk telah memiliki 0 kasus covid dan harapan kita semoga pandemi ini segera berlalu.” Kata Suroto.

Pihaknya selalu menyampaikan dan menghimbau kepada masyarakat khususnya di wilayahnya untuk selalu mentaati protocol kesehatan agar pandemi segera berlalu dan berharap tidak ada lagi ledakan kasus seperti sebelumnya.

Bantuan yang diberikan kepada tiap masjid berupa infaq dana pembangunan dan sejumlah Al Qur’an sebagai bentuk Syiar 1000 Al Qur’an oleh panitia Ramadhan dan diberikan secara simbolis oleh Direktur Utama RSI Sultan Agung kepada perwakilan 3 masjid.

Kegiatan ditutup dengan Mauidhoh Hasanah oleh Ust. H. Samsudin, S.Ag, M.Ag tentang bagaimana membangun kekhusyukan dalam beribadah di bulan Ramadhan terutama ibadah shalat.

Setidaknya ada 3 dimensi yang harus diupayakan dalam rangka menghadirkan kekhusyukan, diantaranya adalah dimensi dhohiriyah, dimensi bathiniyah, dan dimensi ijtimaiyah. Ustadz Samsudin menjabarkan bagaimana 3 hal tersebut mampu menjadikan ibadah shalat kita lebih khusyuk dan lebih berkualitas bahkan dalam kehidupan sehari-hari diluar shalat.

“Dhohiriyah adalah bagaimana pelaksanaan shalat itu harus sesuai dengan akidah fiqih, sesuai dengan kaidah syariat yang ada. Sedangkan Bathiniyah adalah bagaimana menghadirkan Allah dalam hati dan pikiran kita, dengan berdzikir kepada Allah, dalam setiap shalat kita. Dan yang terakhir ijtimaiyah adalah bagaimana kita melaksanakan pesan-pesan yang terdapat dalam shalat ke dalam kehidupan kita.” Ungkapnya.

Sebagai pengurus atau takmir masjid hendaknya kita juga memperhatikan kenyamanan jamaah kita selama beribadah di masjid kita. Bukan hanya soal fasilitas fisik, tapi juga bagaimana mengerti kondisi jamaah di sekeliling kita.