CALL: 024 - 6583584 ext.309

Email: ybwsa.org@gmail.com

Rsi Sultan Agung

Rumah Sakit Islam Sultan Agung

logo_rsi

Sejarah Singkat

Bermula dari Health Centre lalu Medical Centre, berawal dari lingkup layanan kecil poliklinik umum, poliklinik Kesehatan Ibu dan Anak dan Keluarga Berencana di tahun 1971 kemudian diresmikan sebagai Rumah Sakit Madya pada tanggal 23 Oktober 1975, langkah demi langkah RSISA terus mengayuhkan derap layanan kesehatan secara Istiqamah. Tahun 2002-2010 menyambut makin derasnya kepercayaan umat, wajah baru RSISA berupa sarana bangunan dan peralatan medis baru ditampilkan ke hadapan publik. Semata untuk berkhidmat semaksimal mungkin mempersembahkan yang terbaik untuk masyarakat pengguna.

Dari semenjak didirikan pada 17 Agustus 1971. Rumah Sakit yang terletak di Jl. Raya Kaligawe KM.4 dan berdekatan dengan pusat pertumbuhan industri ( LIK & Terboyo Industri Park ), RSI-SA memulai pengabdiannya dengan pelayanan poliklinik umum, Kesehatan Ibu dan Anak untuk warga sekitar dua tahun berikutnya diresmikan sebagai Rumah Sakit Umum pada tanggal 23 Oktober 1973 dengan SK dari Menteri kesehatan nomor I 024/Yan Kes/I.O.75 tertanggal 23 Oktober 1975. Di tahun 2011, RSI Sultan Agung ditetapkan menjadi rumah sakit kelas B melalui surat keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No H.K 03.05/I/513/2011 yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Bina Upaya kesehatan. Itu artinya, semenjak tanggal 21 Februari 2011, secara fisik, peralatan, SDI serta prosedur pelayanan telah memenuhi standar Rumah Sakit kelas B.

Di tahun yang sama RSI Sultan Agung memperoleh predikat sebagai Rumah Sakit Pendidikan dan merupakan tempat mendidik calon dokter umum mahasiswa Fakultas Kedokteran Unissula. Itu berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan No HK.03.05/III/1299/11 tertanggal 1 Mei 2011. Dengan berbekal motto “mencintai Allah dan menyayangi sesama” RSI Sultan Agung menorehkan banyak pengabdian untuk masyarakat . Visi tersebut juga melandasi RSI Sultan Agung untuk jauh lebih berkembang menuju sesuatu yang lebih baik. Baik perubahan secara fisik, (perkembangan rumah sakit) dan perubahan yang lebih diarahkan kepada pembangunan spiritual.

Dengan telah terakreditasi 16 bidang pelayanan, menjadi bukti kesanggupan pihak RSI Sultan Agung untuk tidak membeda-bedakan segala jenis golongan masyarakat dalam memberikan pelayanan yang optimal. Hal tersebut dibuktikan dengan diterimanya semua jenis asuransi yang dimiliki oleh pasien, mulai dari Asuransi Kesehatan (ASKES) PNS,Sukarela sampai Asuransi untuk masyarakat kurang mampu atau lebih dikenal dengan JAMKESMAS (Jaminanan Kesehatan Masyarakat). Sehingga dengan demikian, semua lapisan masyarakat yang menggunakan layanan kesehatan di RSI SA berhak menerima jenis tindakan kesehatan yang sama tanpa membeda-bedakan.

Multicenter Excellence

40 tahun mengabdi dan melayani merupakan sebuah prestasi RSI Sultan Agung Semarang yang patut untuk dibanggakan. Namun, tidak terhenti sampai di situ saja, ke depannya RSI Sultan Agung Semarang tengah mempersiapkan beberapa program unggulan demi terciptanya peningkatan pelayanan pada masyarakat. Sebuah gedung bisa berarti sangat vital dalam perkembangan sebuah rumah sakit. Demi mengembangkan dan meningkatkan pelayanan yang sudah ada, RSI Sultan Agung tengah melaksanakan pembangunan gedung 9 lantai yang tentunya lebih representative, dan memiliki kapasitas ruang yang lebih banyak guna menunjang kenyamanan bagi masyarakat.