Sistem MANAJEMEN MUTU SYARIAH MERUPAKAN KEBUTUHAN YBWSA UNTUK MENJADI LEMBAGA YANG MENERAPKAN NILAI-NILAI ISLAM DALAM MANAJEMENNYA


-DIDIEK AHMAD SUPADIE-

Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) pada tanggal 4-6 Januari 2019 mengadakan Brainstorming Sistem Manejemen Mutu Syariah bertempat di Hotel Candi Indah Convention Semarang. Acara tersebut diikuti oleh Kepala Bagian, Staf Khusus dan seluruh staf Sekertariat YBWSA serta dihadiri oleh Kepala Sekertariat dan Pengurus YBWSA.

Acara dibuka oleh Ketua Kesehatan YBWSA yaitu Bapak dr. H. Muktasim Billah, Sp.S yang menyampaikan harapan agar YBWSA mampu menjadi lembaga waqaf terkemuka yang unggul tidak hanya di level nasional namun juga di pentas internasional. Harapan tersebut diamanahkan kepada seluruh Staf Sekertariat YBWSA agar bekerja dengan sistem terbaik, sistem syariah Islam. Turut hadir pula dalam acara pembukaan tersebut, Bapak H. Nyata Nugraha, S.E., M.Si., Akt. (Ketua Penelitian, Pengembangan dan Kerjasama), Bapak Dr. Ir. H. Sumirin (Ketua Pembangunan dan Pengelolaan Aset) dan Bapak Dr. Nuridin, S.Ag., M.Pd. (Ketua Wakaf dan Dakwah).

Pada hari pertama, Jum’at (4/1), Ketua Penelitian, Pengembangan dan Kerjasama YBWSA Bapak H. Nyata Nugraha, S.E., M.Si., Akt. menyampaikan sambutan bahwa YBWSA berkomitmen dalam menerapkan sistem syariah ditunjukkan dengan aktivitas Sekertariat YBWSA yang menekankan pengamalan nilai-nilai Islam yaitu peningkatan keilmuan (kajian, tahsin qur’an, dll.) dan ibadah (salat berjama’ah, 9 amalan sunah harian, dll.).

Acara dilanjutkan dengan pengarahan oleh Bapak Dr. Nuridin, S.Ag., M.Pd. (Ketua Wakaf Dakwah) dan Bapak Dr. H. Didiek Ahmad Supadie, Drs., M.M. selaku Sekertaris YBWSA yang diikuti dengan diskusi dan tanya jawab seluruh peserta.

Hari kedua dilanjutkan dengan pengarahan oleh Bapak Sapto Brastokoro, S.E. selaku Ketua Pengembangan Usaha YBWSA.

Setelah pengarahan, seluruh peserta menyampaikan presentasi usulan SMM Syariah YBWSA. Perumusan SMM Syariah didiskusikan lebih mendalam oleh Tim Reviewer SMM yang telah ditunjuk sebelumnya. Tim tersebut dibagi menjadi dua, kelompok pertama merumuskan konsep latar belakang, tujuan dan manfaat dari SMM Syariah sedangkan tim kedua merumuskan kerangka SMM Syariah hasil dari pengarahan dan diskusi peserta.

Konsep yang telah didiskusikan kemudian dipresentasikan pada hari ketiga oleh masing-masing kelompok dan mendapat respon dari Pengurus dan peserta yang hadir. Adapun hasil dari rumusan tersebut, YBWSA akan merumuskan SMM Syariah yang  berbeda dengan SMM saat ini. SMM Syariah tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi YBWSA selaku lembaga pengelola waqaf dan umat pada umumnya.

Bagi YBWSA, SMM Syariah tersebut diharapkan dapat menjadikan YBWSA sebagai pionir dan rujukan bagi organisasi yang menginginkan perbaikan sistem manajemen secara syariah sedangkan bagi umat dapat menjadi solusi alternatif bagi yang memerlukan.

Acara kemudian ditutup pada Ahad 6 Januari 2019 oleh Bapak Dr. H. Kiryanto, S.E., M.Si., Akt. selaku Bendahara YBWSA. Beliau berpesan agar seluruh staf bersyukur atas nikmat yang Allah berikan dan menjadikan pekerjaan sebagai amal ibadah. Semoga kegiatan yang telah dilaksanakan bermanfaat bagi semua.