10

 

YBWSA, selama 2 hari (25-26/08/2017) Tim Pengembangan SDI YBWSA melaksana Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) ke-YBWSA-an bagi 23 orang dosen baru di lingkungan Unissula yang bertempat di ruang kantin Pesantren Mahasiswa Unissula (Pesanmasa) dan Graha Wiyata Patemon Gunungpati. Pelaksanaan Diklatsar yang dibuka oleh DR. Nuridin, S.Ag, MPd selaku Ketua Dikdasmen YBWSA yang mewakili Ketua Umum YBWSA bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang keberadaan YBWSA serta upaya-upaya YBWSA dalam berkhidmat untuk mensejahterakan umat serta problematika keumatan yang tengah melanda, terutama umat Islam di Indonesia dan bahkan dunia.
Beberapa narasumber dari YBWSA menyampaikan materi-materi diklatsar, antara lain DR. H. Didiek Ahmad Supadie, MM menyampaikan tentang YBWSA: Sejarah, Visi-Misi-Tujuan dan Khidmah Untuk Umat, Problematika Tantangan Keumatan dan Solusinya disampaikan oleh DR.Ir.H. Sumirin, MS. Internalisasi Nilai-nilai Islam dalam Pembelajaran oleh DR. Nuridin, S.Ag,MPd. Penerapan Nilai-nilai Islam dalam Kehidupan Keluarga dan Masyarakat oleh Nyata Nugraha, SE, MSi, Akt,CA, serta Implementasi Peran Keumatan YBWSA oleh Sapto Brastokoro, SE.
Sebagaimana kegiatan Diklatsar yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lampau, pelaksananaan kegiatan tidak hanya fokus pada penyampaian teori pengetahuan, akan tetapi juga dilakukan penguatan rohani dan fisik melalui kegiatan qiyamullail berjamaah yang dilanjutkan dengan salat Subuh berjama’ah serta adanya muhasabah pagi dari peserta diklatsar dan kegiatan outing class berupa perkenalan bercocok tanam dan pengelolaan sampah. Dalam pelaksanaan kegiatan diklatsar tersebut nampak antusiasme peserta dalam mengikuti setiap materi yang diberikan dari pagi hari sampai dengan pukul sepuluh malam.
Pada akhir penutupan, Ketua Umum YBWSA H. Hasan Toha Putra, MBA (Ketua Umum YBWSA) menekankan serta mengingatkan kembali perlunya menata hati dan meluruskan niat para dosen dalam mengabdi di YBWSA, bahwa keberadaan para dosen di Unissula adalah dalam rangka beribadah kepada Allah swt. Dalam pada kesempatan tersebut, Ketua Umum YBWSA menyerahkan penghargaan kepada kelompok pemenang dalam kegiatan outing yang melibatkan Kebun Qur’an YBWSA.